Thursday, December 11, 2008

Windows XP Ditarik Dari Peredaran, Windows 7 Masih Belum Siap Luncur

Windows XP Ditarik Dari Peredaran, Windows 7 Masih Belum Siap Luncur
(1 Sept 2008)
http://www.gsn-soeki.com/wouw/

Di Amerika Serikat sejak Juli lalu, perusahaan software raksasa Microsoft Corp akhirnya menghentikan penjualan sistem operasi Windows XP. Tidak dipungkiri keputusan ini mengundang protes oleh banyak pengguna. Kelompok pengguna lokal di Amerika sampai mengeluarkan petisi “Save XP”. Petisi ini telah dikirimkan ke situs industri Infoworld. Namun demikian, Microsoft sudah menghentikan pasokan XP untuk retail dan pembuat komputer. Meskipun dihentikan, Microsoft masih mengizinkan pembuat komputer rakitan untuk membeli XP dan menjualnya kembali sampai akhir Januari tahun depan. Sistem operasi itu juga masih tersedia bagi komputer murah. Microsoft juga menjanjikan dukungan teknis penuh bagi pengguna XP sampai 2009, dan dukungan teknis terbatas sampai 2014.

Microsoft menarik XP dari peredaran dan memberikan solusi bagi pengguna untuk membeli Vista Ultimate atau Vista Business. Langkah ini ditentang oleh kelompok pengguna karena sebaiknya Microsoft mempertahankan XP sampai sistem operasi terbarunya, Windows 7 tersedia. Padahal Windows 7 baru tersedia pada Januari 2010. Windows Vista tampaknya tidak populer sehingga banyak pengguna yang mendowngrade PCnya ke XP. Menurut data dari exo.performance.network, seperti dilansir melalui InfoWorld sebanyak 35 persen PC yang dilengkapi dengan Vista telah berhasil di-downgrade ke dalam Windows XP.

Windows 7 sendiri rencananya akan disosialisasikan fiturnya secara mendalam bulan Oktober tahun ini. Sebelumnya dalam demo Mei lalu, Windows 7 dipertunjukkan sebagian kecil fiturnya. Dalam demo tersebut, Windows 7 dilengkapi dengan tampilan penggunaan yang multitouch dan akan menggunakan komponen core yang sama dengan Vista. Multitouch Windows 7 ditunjukkan mampu merespon gambar dari beberapa jari secara bersamaan untuk menunjukkan teknologi itu tak hanya bisa memproses sentuhan tapi beberapa inputan secara simultan.

Source : www.tempointeraktif.com, techno.okezone.com, techno.okezone.com, udaramaya.com, www.detikinet.com